Thursday, May 25, 2023

Material design di flutter

 Material Design adalah sebuah desain sistem yang dikembangkan oleh Google. Material Design memiliki prinsip-prinsip desain yang bertujuan untuk menciptakan sebuah desain yang modern, konsisten, dan mudah digunakan di berbagai platform. Flutter mendukung konsep Material Design sehingga pengembang dapat membuat aplikasi mobile yang memiliki tampilan yang modern dan konsisten di berbagai perangkat.



Beberapa prinsip Material Design yang diterapkan di Flutter adalah:


Material

Material adalah sebuah konsep desain yang fokus pada penggunaan material dan warna. Di Flutter, Material Design diterapkan dengan menggunakan widget Material dan widget-widget terkait lainnya seperti AppBar, FloatingActionButton, dan Card.


Elevation

Elevation adalah sebuah konsep desain yang fokus pada penggunaan bayangan pada elemen desain untuk memberikan efek kedalaman pada tampilan. Di Flutter, pengembang dapat menggunakan widget Material dan property elevation untuk memberikan efek bayangan pada tampilan.


Typography

Typography adalah sebuah konsep desain yang fokus pada penggunaan font dan ukuran huruf yang tepat untuk meningkatkan keterbacaan dan kesan estetik pada tampilan. Di Flutter, pengembang dapat menggunakan widget TextStyle dan property-font untuk mengatur font dan ukuran huruf pada tampilan.


Motion

Motion adalah sebuah konsep desain yang fokus pada penggunaan animasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi. Di Flutter, pengembang dapat menggunakan widget-widget terkait animasi seperti AnimatedContainer, Hero, dan lain-lain untuk memberikan efek animasi pada tampilan.


Dengan menerapkan konsep Material Design di Flutter, pengembang dapat membuat aplikasi mobile yang memiliki tampilan yang modern, konsisten, dan mudah digunakan di berbagai platform. Selain itu, pengembang juga dapat memanfaatkan widget-widget terkait Material Design yang disediakan oleh Flutter untuk mempercepat proses pengembangan dan meningkatkan kualitas tampilan aplikasi mobile

galiho

Author & Editor

Kami memang masih baru, dalam dunia pengajaran, tapi kami memiliki kapasitas dan pengalaman yang kuat dalam bidang video editing, TV, project project animasi dan video editing baik dalam negeri dan luar negeri

0 comments:

Post a Comment